1. Setiap pemangku kepentingan harus memiliki kompetensi dan keahlian menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan
2. Informasi merupakan "bahan mentah" dari pengetahuan yang harus diolah melalui proses pembelajaran
3. Membagi pengetahuan antar peserta didik dengan yang lainnya bersifat mutlak dan tidak berkesudahan
4. Belajar mengenai bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien bagi pengajar, peserta didik dan stakeholder
5. Belajar adalah proses seumur hidup yang berlaku bagi individu atau manusia
TIK sebagai Infrastruktur Pembelajaran
1. Saat ini, bahan ajar banyak disimpan dalam format digital dengan model yang beragam seperti multimedia
2. Para peserta didik-instruktur dan peserta didik-secara aktif bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya
3. Proses pembelajaran seharusnya dapat dilakukan dimana dan kapan saja
4. Perbedaan letak geografis seharusnya tidak menjadi batasan pembelajaran
5. "The network is the school" akan menjadi fenomena baru didalam dunia pendidikan
TIK sebagai Bahan Belajar
1. Ilmu pengetahuan berkembang sedemikian cepatnya
2. Pengajar-pengajar yang hebat tersebar di berbagai belahan dunia
3. Buku-buku, bahan ajar, dan referensi diperbaharui secara kontinyu
4. Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
5. Tanpa teknologi, proses pembelajaran yang "up-to-date" membutuhkan waktu yang lama
TIK sebagai Alat Bantu dan Fasilitas Pembelajaran
1. Penyampaian pengetahuan seharusnya mempertimbangkan konteks dunia nyatanya
2. Memberikan ilustrasi berbagai feomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
3. Pelajar diharapkan melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih bebas dan mandiri
4. Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi antar peserta didik dan pengajar
5. Rasio antara pengajar dan peserta didik proses pemberian fasilitas
TIK sebagai Pendukung Manajemen Pembelajaran
1. Setiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti setiap harinya
2. Transaksi dan interaksi antar-stakeholder memerlukan pengelolaan back-office yang kuat
3. Kualitas layanan pada pengelolaan administrasi pendidikan seharusnya ditingkatkan secara bertahap
4. Orang merupakan sumber daya yang sangat bernilai sekaligus terbatas dalam institusi
TIK sebagai Sistem Pendukung Keputusan
1. Setiap individu memiliki karakteristik dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
2. Pengajar seharusnya meningkatkan kompetensi dan keterampilan pada berbagai bidang ilmu
3. Sumber daya terbatas, pengelolaan yang efektif seharusnya dilakukan
4. Institusi seharusnya tumbuh dari waktu ke waktu dalam hal jangkauan dan kualitas.
Jumat, 28 Januari 2011
Peran fungsi dan dampak TIK
TIK sebagai Keterampilan (skill) dan Kompetensi
Diposting oleh sri noviani nurgemamega di 04.58
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar