BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 18 Februari 2011

VII - Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi

A. Bagaimana mahluk hidup berkomunikasi ?

Hewan diberi kemampuan untuk berkomunikasi seperti lebah Menggunakan gerakan sayap berpola tertentu, kera Membuat mimik wajah untuk menyatakan perasaan dan Ikan paus & Lumba-lumba Mengeluarkan suara-suara tertentu untuk memberitahukan temanya.

Bagaimana dengan manusia !
Manusia memiliki kemampuan berpikir, berkhayal, berkreasi dan berinteraksi lebih baik dibandingkan hewan. Pada zaman prasejarah berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, simbol-simbol tertentu, huruf paku, hicroglyph. Ada berbagai bahasa isyarat yang juga disebut bahasa sandi salah satunya adalah :
  • Sandi Semaphore yang ditentukan oleh angkatan bersenjata.
  • Sandi Morse yang ditentukan oleh Samuel F.B. Morse (1791-1871) yang digunakan untuk sistem telegraf.

B. Era Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi adalah teknologi pengolahan dan penyebaran data dengan menggunakan perangkat keras Hardware dan perangkat lunak. Teknologi Informasi di pengaruhi oleh perkembangan.
Beberapa perubahan terjadi sebagai pengaruh dari teknologi informasi antara lain :
  1. Perbankan berubah drastis sejak ditemukanya kartu kredit, ATM, perbankan melalui iternet, bahkan melalui telepon selular.
  2. Dunia bisnis dan industri telah memanfaatkan berbagai perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah data. Usaha mereka menjadi lebih efisien. Semua bagian jadi lebih terkomputerisasi.
  3. Teknologi informasi meluas hingga ke dunia pendidikan. Guru dan murid memilikik kesempatan menjajal berbagai perangkat lunak untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar disekolah dan mendapatkan informasi melalui internet.
  4. Pemerintah bisa menyimpan data yang beser jumlahnya agar dapat digunakan untuk melayani masyaralat.
  5. Voice mail,faximili, telephon selular, penyeranta (pager), e-mail, dan percakapan jarak jauh menggunakan kamera video (video conference) semakin pesat dan berkembang di mana-mana.
  6. Para ilmuwan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengumpulkan data secara otomatis demi menemukan pemecahan terhadapmasalah lingkungan dan manusia.
  7. Banyak toko-toko dan swalayan yang memanfaatkan kode garis (barcode) untuk melayani transaksi pembelilan secara lebih cepat.
  8. Para perancang sangat terbantu denga adanyna CAD atau computer aided design (perancang bibantu komputer). Gambar rancangan menjadi makin mendekati asli.
  9. Para insinyur elektrinik memenfaatkan program canggih untuk merancang rangkaian perangkaty-perangkat elektronik dan IC. Barang-barang elektronik yang dihasilkan pun kian canggih dan murah
  10. Pilot-pilot pesawat terbang sistem pengendalian penerbangan. Pesawat seperti dibimbing untuk terbang meniuju kota tujuan.
  11. Seorang mamager diperusahan membutuhkan data terkomputerisasi tentang pembelian barang-barang, persedaan barang, penjualan, penggajian, pesanan, dan anggaran perusahaan.
  12. Para dokter menjadi terbantu dalam mendiagnosa penyakit pasien dan menemukan langkah penyembuhanya. Peralatan robot membantu pembedahan, gambar komputer hasil pencitraan tiga dimensi mampu menunjukan letak tumor dalam tubuh.
Dengan makin meningkatnya penggunaan teknologi informasi muncul berbagai masalah etika, antaranya :
  1. Menyangkut privasi orang
  2. Keamanan dan ketepatan data dan informasi
  3. Perubahan cara kerja
  4. Penggunaan informasi dengan semestinyna
  5. UU hak cipta
  6. Masalah kesehatan dan lingkungan

0 komentar: