Pada bab ini akan dibahas fungsi-fungsi perintah sebuah menu dan ikon pada microsoft word. Meskipun menu dan ikon secara tampilan sangat berbeda, akan tetapi perintah-perintah pada menu dan ikon terdapat fungsi yang sama. Oleh sebab itu alangkah baik jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu menu dan ikon.
Menu adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol teks. Pada Microsoft Word. Menu di dalam Word terdiri atas submenu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat banyak perintah yang sudah terkategori menurut menu di atasnya. Menu File berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan file (berkas), menu Edit berisi perintah-perintah penyuntingan, menu View berisi perintah-perintah pengaturan layar tampilan, menu Insert berisi perintah-perintah untuk penyisipan, menu Format berisi perintah-perintah untuk pengaturan cetakan atau format cetakan, menu Tools berisi perintah-perintah alat bantu yang digunakan untuk melengkapi perintah-perintah sebelumnya, menu Table berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan tabel, menu Window berisi perintah-perintah jendela kerja dan jendela objek lain, dan menu Help berisi perintah meminta bantuan.
Ikon (icon) adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol gambar yang mewakili operasi tertentu. Ikon merupakan simbol yang mudah dikenal oleh
pengguna, dan tidak jarang gambarnya disesuaikan dengan karekter perintahnya misalnya menyimpan file disimbolkan dengan bentuk disket. Word lebih banyak menekankan kemudahan pengguna dengan memberikan bentuk ikon yang mudah di atur (customize) sesuai dengan kebutuhan pengguna agar layar tidak dipenuhi dengan ikon-ikon yang tidak dipakai.
B. Fungsi Menu dan ikon
1. Menu Bar
Menu Bar terdiri atas submenu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help, masing-masing submenu mempunyai fungsi sesuai karakter submenu itu sendiri untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dibahas fungsi-fungsi menu dan ikon pada submenu terdiri atas:
A. Menu File :- New : Perintah yang digunakan untuk membuka dokumen baru.
- Open : Membuka dokumen yang telah disimpan.
- Save : menyimpan dokumen
- E-mail : Mengirimkan dokumen melalui E-mail (surat elektronik)
- Print : Mencetak dokumen
- Print Preview : Melihat hasil cetakan pada layar monitor
- Spelling and Grammar : memeriksa ejaan dan tata bahasa
- Cut : Memindahkan data kedalam clipboard
- Copy : menyalin data
- Paste : menempatkan data yang telah disalin
- Undo : membatalkan perintah yang telah diberikan
- Redo : membatalkan perintah undo
- Autosum : melakukan perhintungan secara otomatis
- Sort Ascending : mengurutkan data dari kecil ke besar
- Sort Descending : mengurutkan data dari besar ke kecil
- Chart Wizard : membuat berbagai bentuk grafik
- Drawing : memperbesar atau memperkecil tampilan worksheet
- Help : bantuan tentang hal-hal yang ada pada Microsoft Word
B. Toolbar Formating:
- Font : memilih jenis huruf
- Size : memilih ukuran huruf
- Bold : membuat efek huruf teba
- Italic : membuat efek hurud miri
- Underline : membuat efek garis bawah pada huruf
- Align Left : membuat teks rata kiri
- Center : membuat teks rata tengah
- Align Right : membuat teks rata kanan
- Justify : membuat teks rata kiri dan kanan
- Merge and Center : menggabungkan sel dan membuat teks rata tengah
- Currency Style : menambahkan mata uang pada data angka
- Percent Style : menambahkan persentase pada data angka
- Comma Style : menambahkan tanda koma pada data angka
- Increase Decimal : menambahkan angka desimal
- Descease Indent : menggeser indentasi ke tab stop sebelumnya
- Increase Indent : menggeser indentasi ke tab stop berikutnya
- Borders : membuat garis garis atau bingkai
- Fill Color : memberi warna pada sel
- Font Color : memberi warna pada huruf
0 komentar:
Posting Komentar